LPK DJOBS

1. Program Pemagangan Ke Jepang

Program pemagangan (Ginou Jisshusei) adalah program magang di perusahaan Jepang. Siswa melaksanakan wawancara (mensetsu) dengan user dari Jepang di Indonesia. Jika dinyatakan lolos mensetsu (wawancara), siswa bisa melaksanakan magang di Jepang. Sebelum keberangkatan ke Jepang Calon Pemagang di wajibkan menempuh Pendidikan sampai seluruh pengurusan Dokumen beres. Biasanya dalam waktu 4-6 bulan, calon pemagang akan melakukan pendidikan bahasa dan budaya Jepang.

2. Program Tokutei Ginou

Tokutei Ginou atau Specified Skilled Workers (SSW) adalah status visa/ ijin tinggal bagi warga negara asing di Jepang yang mulai berlaku sejak 1 April 2019. Pemegang visa SSW dapat bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang sama dengan pekerja Jepang.

SEKTOR KERJA

Dengan berkurangnya tenaga kerja di Jepang, ada 14 bidang industri yang terdampak dengan tidak tercukupinya kebutuhan tenaga kerja untuk masa yang akan datang. Bidang itulah yang nantinya diisi dengan Tokutei Ginou ini. Ke 14 bidang tersebut adalah:

  1. 介護 業 / Keperawatan
  2. ビルクリーニング 業 / Pembersihan Gedung
  3. 素形材産業 / Material Casting
  4. 産業機械製造業 / Manufaktur Mesin Industri
  5. 電気・電子情報関連産業 / Industri terkait informasi, listrik dan elektronik
  6. 建設業 / Konstruksi
  7. 造船・舶用工業 / Pembuatan Kapal
  8. 自動車整備業 / Perawatan Mobil
  9. 航空業 / Aviasi
  10. 宿泊業 / Bisnis Akomodasi
  11. 農業 / Pertanian
  12. 漁業 / Perikanan
  13. 飲食料品製造業 / Pengolahan Makanan dan Minuman
  14. 外食業 / Jasa Makanan

TOKUTEI GINOU 1 & 2

Tokutei Ginou atau SSW dibagi menjadi 2 jenis. Berikut gambaran perbedaan secara singkat.

Tokutei Ginou 1 Tokutei Ginou 2号
Tingkat Ketrampilan Lulus ujian kompetensi bahasa dan keterampilan level menengah Lulus ujian kompetensi tingkat ahli dari jenjang Designated skills 1
Masa Tinggal Ijin tinggal sampai 5 tahun Ijin tinggal dapat terus diperpanjang selama masih bekerja
Anggota Keluarga Tidak boleh membawa anggota keluarga Dapat membawa anggota keluarga inti
Pindah Pekerjaan Dapat pindah tempat bekerja Dapat pindah tempat bekerja

PERBEDAAN PROGRAM MAGANG DENGAN TOKUTEI GINOU

Berdasarkan definisi dan tujuannya, magang bertujuan untuk transfer ketrampilan, teknologi dan pengetahuan dari Jepang untuk diterapkan di negara masing-masing.

Sedangkan Tokutei Ginou adalah visa atau ijin tinggal untuk bekerja di Jepang guna mencukupi kebutuhan tenaga kerja di Jepang yang semakin berkurang.

Selain itu, pada saat pelatihan atau pendidikan bahasa jepang, peserta Tokutei Ginou hanya berfokus kepada bahasa jepang. Sedangkan program magang, selain bahasa jepang, para peserta harus berfokus pada Matematika, Penalaran, Fisik dan Sikap.

Saya pemula dan awam tentang kerja di Jepang. Program mana yang sebaiknya saya pilih?

Jika anda pemula yang ingin bekerja di jepang, saya sarankan untuk mengikuti program magang terlebih dahulu dikarenakan proses yang cepat.

PERSYARATAN UTAMA

Apa saja yang harus Saya persiapkan untuk mengikuti program ini?

Tetapi sebelum kesitu, sampai saat ini ada 3 jenis Tokutei Ginou yang bisa diikuti. Masing-masing mempunyai persyaratan yang berbeda. Mari kita pelajari satu persatu.

Newcomer / Pemula

Bagi calon peserta yang belum pernah sama sekali datang ke Jepang untuk bekerja wajib mengikuti dan lulus tes bahasa level N4. Untuk sampai dengan tingkat tersebut dibutuhkan kursus bahasa jepang selama kurang lebih 6 bulan.

Selain kemampuan bahasa, calon peserta juga diwajibkan mengikuti tes ketrampilan dari salah satu dari ke 14 bidang yang ingin dipilih. Mengenai tes ketrampilan ini Anda bisa melihatnya disini.

EKS MAGANG JEPANG

Bagi peserta magang yang sudah menyelesaikan program magang selama 3 tahun dapat kembali lagi ke jepang di bidang yang sama dengan catatan telah mengikuti ujian praktek ketrampilan setara level 3 sebelum pulang ke Indonesia.

Bagi peserta yang tidak sempat mengikuti atau mengikuti level dibawah level 3, bisa meminta hyouka choso kepada perusahaan lama saat magang. Jika perusahaan lama sudah tutup atau bangkrut, maka harus mengikuti kembali ujian ketrampilan dari awal.

Kembali ke perusahaan lama

Untuk kembali ke perusahaan lama saat magang, Anda cukup menghubungi perusahaan lama saat magang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat melalui tautan berikut.

TES KETRAMPILAN DAN JADWAL

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa syarat untuk mengajukan visa Tokutei Ginou adalah mempunyai sertifikat kemampuan bahasa jepang dan sertifikat kelulusan tes ketrampilan. Biaya tes ketrampilan untuk masing-masing bidang kerja berbeda, Anda bisa melihat perbandingan melalui tabel berikut:

JADWAL TES & BIAYA

Jenis Tes Biaya
JFT-Basic A2 Rp. 400.000
Perawat Lansia (Kaigo) Rp. 132.000
Industri Pengolahan Makan dan Minuman Rp. 450.000
Restoran atau Pelayanan Makanan Rp. 450.000
Pertanian & Peternakan Rp. 450.000
Perikanan Rp. 460.000
Pembuatan Kapal Mulai 16.800 yen