Evaluasi Psikolog

Usaha menentukan/menempatkan orang-orang untuk menjalankan oprasional perusahaan tidak kalah pentingnya dengan mencari modal dalam memperbesar usaha dan menjadikannya sebagai asset perusahaan .

Dalam rangka mencari sumber daya manusia yang berkualitas tersebut perlu melalui tahapan-tahapan seleksi yang selektif sesuai dengan kebutuhan sehingga hasilnya dapet digunakan sebagai bahan evaluasi dimasa yang akan datang sesuai dengan perkembangan perusahaan.

Dalam tahapan seleksi ini , agar mendapatkan hasil yang maksimal dan informatif , perlu menggunakan evaluasi Psikologis, dimana dalam pelaksanaanya dapat dilihat aspek-aspek yang terdapat dalam diri setiap calon karyawan secara eksternal maupun internal yang berhubungan dengan pekerjaan maupun keadaan pribadinya .

Dibandingkan denan kenyataan yang ada, pada tahapan seleksi ini bila tanpa dilakukan Psikotes/evaluasi Psikologis sering dijumpai pertimabangan-pertimbangan yang bersifat subyektif seperti melalui koneksi , kenalan ataupun jalur lain yang dapat mempengaruhi seseorang ditempatkan pada posisi yang tidak sesuai dengan kualifikasinya, sehingga berakibat salah tempat yang mungkin menjadi penghambat bagi perkembangan perusahaan dan bisa menimbulkan keresahan kerywan lain/lama pada perusahaan tersebut.

Melalui evaluasi Psikologis dalam tahapan seleksi akan memperkecil kesalahan penempatan seseorang pada posisi yang tidak sesuai, sehingga tujuan The Right Happy and Developed Persons in The Right Placeakan tercapai dan dapat dipertanggungjawabkan . Selain itu evaluasi Psikologis dapat bermanfaat untuk mengevaluasi karyawan-karyawan yang telah lama bekerja guna melihat kinerja yang telah diberikan serta mengevaluasi pegawai-pegawai yang sesuai untuk dipromosikan kejenjang yang lebih tinggi seiring dengan perkembangan perusahaan/kebutuhan perusahaan .